March 7, 2015

Mengganti Kartu ATM Magnetic ke ATM Chip

Advertisement

Bank Indonesia mengarahkan  perbankan nasional  agar mengganti kartu ATM / Debet  teknologi  Magnetic stripe menjadi teknologi berbasis Chip paling lambat 31 desember  2015.

Apakah bank tempat anda menabung telah melakukan migrasi itu?  Apakah kartu ATM yang  saat ini dipegang sudah menggunakan Chip?  Kita bahas disini.



**
Btw, saya agak khawatir menulis artikel ini. Khawatir  bikin pusing para begal. Begal  yang di jidatnya tertulis  IDR.  Bagaimana tidak, migrasi kartu ATM menjadi tekonologi chip  membutuhkan biaya besar.  Ini project sangat besar bagi pencari  keuntungan.

Kita bikin asumsi. Jika satu kartu ATM membutuhkan biaya pembuatan  sebesar  US$ 3 saja , maka  berapa total anggaran yang harus keluarkan masing-masing bank
 .
Misalnya BCA, kabarnya jumlah nasabah BCA saat ini mencapai 13juta orang. Itu artinya, bank BCA harus mengeluarkan biaya untuk pengganti an kartu ATM  sebesar  US$ 39 juta  atau setara  Rp 468 milyar (jika kurs US$  1 = Rp12.000). Belum lagi untuk biaya infrastruktur lain terkait migrasi ini, misalnya upgrade mesin ATM dan EDC yang membutuhkan biaya  tidak sedikit juga.

Bagaimana dengan bank lain? Jika setengah  dari 50 juta nasabah BRI adalah pemegang kartu ATM, lalu mengganti  dengan kartu baru berteknologi chip, maka budget yang harus disiapkan  bisa bikin melotot para pemburu dana siluman. Belum lagi kalo kita sebut bank mandiri, BNI dan bank lainya yang memiliki jumlah nasabah hingga jutaan orang.

Bagusnya, belanja  ICT  ini terjadi di korporasi. Bukan disana………..

Jadi, pada  project ini para begal  tidak bisa beraksi.......... Selamat berpusing ya gal……kalo pusing tolong jangan salahin saya. Salahin aja bung Albert Maharso……dia yang saranin saya bikin artikel tema  ATM chip ini hehe…..

Eit….  tunggu dulu. Diseberang sana ada seratusan orang teriak  katanya gak tertarik dengan  project  USB…., eh salah, project ATM Chip maksudnya…...

Oh gitu ….. Mungkin  nyari yang 12 T aja kali ya.

Tentang Kartu ATM Chip vs ATM Magnetic Stripe

Penggunaan kartu ATM berbasis chip diyakini lebih aman dari pembobolan  jika dibandingkan dengan kartu ATM pita magnetik.

Banyak  pembobolan rekening bank  lewat kartu ATM  selama ini dikenal  dengan  teknik skimming. Mengkloning  data  yang terdapat pada pita magnetic kartu ATM nasabah ke dalam kartu ATM kosong yang dibuat penjahat.

Dengan ATM berteknologi chip,  menduplikasi kartu ATM tersebut menjadi  lebih sulit (bukan berarti tidak bisa) sehingga keamanan bertransaksi menjadi lebih baik.  Selan itu, data yang tersimpan pada chip telah di enkripsi sehingga tidak mudah dibaca.


kartu atm pita magnetic vs atm chip


contoh kartu ATM chip yang sudah beredar di indonesia dari bank BNPdan bank muamalat. Pemasangan foto dibawah ini telah mendapat izin dari pemegang kartu
ATM Chip bank BNP . image credit: bank BNP #albert maharso

ATM Chip bank muamalat credit:bank muamalat #sar midi


Monitoring   Kartu ATM / Debet Chip
Bagi teman-teman yang ingin menukar kartu ATM magnetic ke ATM Chip pada bank masing-masing  bisa monitor table dibawah. Setelah itu, lalukan penukaran di kantor cabang tempat membuka rekening.

Namun karena biasanya anda  lebih update dari saya, maka tolong informasikan jika mengetahui terlebih dahulu, baik  yang  dipegang  sendiri maupun dari pemberitaan. Haha……

Monitoring penerapan Kartu ATM Chip

Bank
ATM Pembuatan Baru
ATM Penggantian
Keterangan

Bank Mandiri


Uji coba
BRI


Uji Coba
BCA


Uji Coba
BNI
v
v
Nasabah prioritas
CIMB Niaga
v
v
Sedang berjalan
Bank Permata
v
v
Nasabah prioritas
Bank Panin



Bank Danamon



BTN



OCBC NISP



Bank Sinarmas



Bank Bukopin



Bank Mega



Bank Mayapada







BSM



BRI Syariah



BNI Syariah



Bank Muamalat
v
v
Type Gold




Bank Jabar banten



Bank DKI



Bank Jateng



Bank Jatim



Bank DIY



BPD Bali



Bank Sumut



Bank Papua



Bank Aceh



Bank Nusantara Parahiyangan
v
v


update:
-Yang punya atm Cimb niaga niaga dari tabungan xtra dan tabunganku silahkan datang ke kantor cabang masing untuk mengajukan penggantian kartu atm, biaya Rp 20ribu.

atm chip cimb niaga. credit:cimb niaga #fendiarianto

Posted by:

24 komentar:

  1. wkwkwkwk dibikinin jg ulasannya. bener2 responsif dan pantas bgt blog ini jd refrensi info perbankan terupdate.

    banyak bank besar yg memang terkesan lambat dlm hal ini. padahal info yg beredar BI sudah memberikan waktu 5th utk proses migrasi ini, demi keamanan nasabah bank.

    sampai saat ini sudah ada beberapa bank yg sudah menggunakan debit tekhnologi chip dikartu debitnya, dan mirisnya mereka adalah bank bank yg nasabahnya sdikit dan tidak seberapa.

    diantaranya bank bnp sejak 2008, bank muamalat gold debit sejak 2012.

    ironisnya bank bank besar malah msh santai. padahal dg tekhnologi chip uang kita akan makin terjamin keamanannya dibanding magnetik yg sgt mudah dicopy datanya.

    kartu debit penggunaannya lsg memotong saldo simpanan nasabah, dmana seharusnya soal keamanannya bs lbh menjadi prioritas.

    beda dg kartu kredit yg penggunaannya kita hutang terlebih dulu sehingga jika ada apa2 proses dispute jg mudah.

    hmm ini hny opini sy saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini dia orangnya yang punya ide hahay.......

      iya saya setuju tuh, dari sudut pandang menjaga keamanan layaknya debet di dahulukan dibandung kartu kredit.

      mungkin bank ngelihat dari kuantitas dan turn over kartu debet terlalu tinggi, nasabah datang dan pergi begitu saja akibat akibat kemudahan membuka dan menutup rekening tabungan,

      dan lagi, kecenderungan bank "tidak berani" mengenakan biaya untuk pembuatan pertama kali demi kesan pertama

      Delete
  2. bni dan bank permata udah mulai migrasi tp smentara ini baru utk nasabah prioritas, kbetulan temanku ada yg jd nasabah prioritas dipermata syariah dan kemaren aku liat kartu debit chip nya waktu buat bayar karaukean

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok bro makasih, ente emang update banget hihi...

      teman2 nasabah bni dan permata silahkan call kantor cabang masing2, terutama yg sering pake atm.

      Delete
  3. udah mau masuk pertengahan tahun tp masih pada santai ya mas bro, gak byk bank yg take action padahal dah diberi 5th ama BI. malahan sejak maret lalu bank mandiri minta diundur lg waktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iyaya, saya baca di detik katanya minta di undur smp 2021

      kalo sy sih gpp, pake atm aja paling sebulan dua kali doang

      Delete
  4. saya sempat iseng cari kata kunci "kad atm" di google (kad atm = kartu atm dlm bahasa malaysia) dan disana sudah pada pake chip dan ada teknologi pembayaran nirkabel visa paywave/mastercard paypass (di indonesia baru kartu kredit mandiri platinum dan uob one aja)... harusnya ini dicontoh sama semua bank di indonesia dan harus dilengkapi pin layaknya kartu kredit

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo urusan perbankan dan produknya, indonesia emang ketinggalan ya Din sama jiran sana.

      teman2 kenalin nih madini samudra tribuana, blogger masa depan soal perbankan # kalo saya sih blognya MFA wkwkwk....

      pesan buat Madini: tetap independent...!

      Delete
    2. makasih ya... ^_^ tau aja nama ane... :D

      Delete
    3. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  5. kartu atm chip bank bnp mas albert sudah lecek kayaknya, siap2 aja di telp bank disuruh ganti wkwkwwk.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk iya mas dah lecek padahal baru maret kmren, maklum hampir tiap hari debit bnp ku dipakai blanja kulakan, dll wkwkwk. besok pagi tak kirimin yg foto kartu atm tabunganku bni yg masih langka bgt peredarannya, kbetulan punyaku udah sampai tadi, wkwkwkwk.. biar para pembaca blog makin tau makin banyak ilmu. wkwkwk

      Delete
    2. ok udah diterima mas. Nanti fotonya saya pinjem buat di "tabunganku jilid2", moga aja nanti ada teman2 lain yang mau kasih gambar juga.

      besok atau lusa deh baru nulis, konsepnya udah ada di otak. kayaknya panjang artikelnya

      Delete
  6. boleh share gak ni foto atm muamalat gold gak ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, lewat email aja gan, alamatnya ada di halaman kontak, link nya dibawah

      Delete
    2. sarmidi lagi, wkwkwk di kaskus di fb pasti ktemu. gw jawab dsini aja yo tentang tabunganku ocbc, nyambung yg difanspage ocbc tadi, masih bs kok buka dicabang konven.. selebihnya tergantung kbijakan cabangnya, telp cab dlu aja kalo mau buka utk tanya.. soal debet chip, nek ada upload aja mas yg masih blm populer di gugel buat nambah pengetahuan, kan rek anda jg byk bgt wkwkwkwk

      Delete
  7. Tolong bikin post tentang kartu debit dan mesin atm bank (fitur,kelenbihan kekurangan) dong ....

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhmmm.... gimana ya..... bingung saya jwb nya

      Delete
  8. teman2 ada gak ya yang sering gagal di edc utk kartu yg pake chip emv jenis MASTERCARD untuk blanja ? aku ada beberapa bank sering gagal jika pake chip yg jenis mastercard termasuk cimb niaga bahkan dimesin edc bank itu sendiri.. tapi kalo yg emv VISA cendrung slalu lancar..

    sebel gw rasanya pake kartu chip emv jenis mastercard. gak debet gak kredit kok masalahnya sama.. apa cuma gw aja yg ngalamin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gelar tiker aja deh, mungkin bawah saya tahu....

      Delete
  9. Kenapa yg diutamakan hanya nasabah prioritas yaa..
    khan smua nasabah butuh proteksi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya jug prioritas pasti di prioritasin...dan mereka dianggap lebih oleh bank

      Delete
  10. Kalau mesin atm yg udah bisa baca chip di mana ya?

    ReplyDelete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum