April 21, 2015

Komparasi Tabungan Remaja dan Anak muda dari 5 bank

Advertisement

Beberapa produk tabungan dibawah  bisa dijadikan pertimbangan teman-teman remaja dan anak muda yang ingin bikin tabungan plus ATM.

Gak mesti juga harus bikin di produk dan bank tersebut, karena ada produk tabungan  dari bank lainpun ada yang cocok  untuk  remaja dan anak muda.



Anak muda usia 17 yang sudah punya KTP misalnya, dia bisa bikin tabungan yang bersifat umum di bank mandiri, BRI atau bank lainnya. Sementara usia dibawah 17 bisa bikin tabungan anak di BRI, BNI, BII, dll.

Yang saya bandingkan dibawah karena  punya karakter khusus remaja dan anak muda.  Setidaknya saya mencatat lima produk simpanan harian yang tersedia di bank

  • Tahapan Xpresi  - BCA
  • Taplus Muda – BNI
  • PermataMe – Bank  Permata
  • BTN Juara – Bank BTN
  • Mega Perdana – Bank Mega

Silahkan bandingkan melalui tabel dibawah, lalu pilih sesuai dengan selera.

Bagi yang sedang online dengan Hape  5 inch atau kurang, silahkah putar layar ke mode landscape supaya dapat melihat  table secara utuh.

**
Komparasi Ketentuan  Dasar tabungan remaja dan anak muda

Item
Xpresi  BCA
Taplus muda BNI
PermataMe
BTN Juara
Mega Perdana
Usia Maksimal  (tahun)
Tidak dibatasi
25
31
23
25
Usia minimal  (tahun)
2
15
13
12
?






Setoran awal minimal - Rp
50.000
100.000
50,000
50.000
100.000
Setoran selanjutnya min- Rp
50.000
20.000
50.000
20.000
50.000
Saldo  minimal mengendap- Rp
10.000
50.000
50.000
50.000
100.000
Biaya administrasi perbulan- Rp
5000
5000
Gratis (jika saldo ≥50ribu)
Gratis
5000














Komparasi Fitur  tabungan remaja dan anak muda

Item
Xpresi BCA
Taplus Muda
PermataMe
BTN  Juara
Mega Perdana
ATM
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Personalisasi  ATM
Ya
Ya
Ya
Tidak
Tidak
Berfungsi sbg Kartu belanja
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya






Internet Banking
Ya
Ya
Ya
Tidak
Ya
Keamanan Inet banking
Token
Token
OTP
n/a
OTP






Mbanking





-SMS
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
-UMB
Ya
Tidak
Tidak
Tidak
Tidak
-Android
Ya
Ya
Ya
Tidak
Ya
-Blackberry
Ya
Ya
Ya
Tidak
Ya
-IOS
Ya
Ya
Tidak
Tidak
Tidak






CDM
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak






Pilihan Laporan transaksi





-Buku Tabungan
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Ya
-estatement
Tidak
Ya
Ya
Tidak
Tidak













Komparasi Limit Transaksi  perhari

Item
BCA Xpresi
Taplus muda
PermataMe
BTN Juara
Mega perdana
ATM / Debet





-Penarikan Tunai
7juta
5juta



-Transfer ke sesama
15juta
10juta



-Transfer ke bank lain
10juta
10juta



-Belanja
10juta
10juta
















Catatan

Cara Membuka Tabungan (berlaku secara umum)
Bagi usia dibawah 17, silahkan datang ke kantor cabang dengan salah satu orang tua. Bawa: kartu pelajar, akte kelahiran, kartu keluarga, KTP orang tua, NPWP orang tua, dan uang tunai untuk setoran awal yang besarnya bisa dilihat sesuai data di table.

Bagi usia diatas 17 atau sudah punya KTP, bisa datang sendiri ke bank dengan membawa KTP/Sim, kartu mahasiwa, NPWP orang tua, KK, dan uang tunai.

Terkadang tidak semua berkas itu diminta. Tapi sebaiknya semua berkas itu dibawa untuk meyakinkan bank ketika mengidenifikasi  dan memverifikasi data calon nasabah.

Bagaimana kalau usia diatas 17 belum punya KTP, bolehkah pakai kartu pelajar/mahasiswa saja?

Usia 17 itu sudah wajib punya ktp. Itu sudah diatur oleh hukum dan perundangan indonesia.  Logikanya, mana mungkin bank mau menerim calon nasabah yang tidak taat aturan.

Batas Usia Maksimal
Ketika usia  nasabah sudah mencapai batas maksimal, tabungan akan di tutup/di alihkan ke tabungan umum. Jangan dibingunkan oleh masalah ini, duit gak bakal hilang. Yang penting kamu suka,tertarik pada produk itu, masuk pada range usia tersebut,  silahkan buka.

Personalisasi ATM
Meski  bank  menawarkan personalisasi ATM (dengan foto sendiri), namun tidak semua cabang support fitur  tersebut. So, jangan ngamuk sama saya nantinya.

BTN Juara
Tabungan BTN Juara bisa di buka dari kantor pos

**
Demikian perbandingan lima tabungan untuk anak muda dan remaja. Namun jika masih ingin mencari produk tabungan lainya, bisa baca artikel ;tabunganku. Itu bisa untuk semua orang tanpa batasan usia dan tanpa ada potongan bulanan.

Apapun bank-nya, yang penting nabung, biar kere yang penting horee...

Posted by:

8 komentar:

  1. Saya menambahkan ya, IB Tunas Hasanah milik Bank Syariah hampir sama dengan konvensional hanya saja menggunakan akad waidah, ada fasilitas e-banking kecuali internet banking.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih infonya kang pp

      silahkan teman2 muda yg mau bikin tabungan di syariah bisa buka di bni syariah # IB tunas hasanah

      Delete
  2. Calon istri sy jg masih pake tahapan xpresi Bca utk terima gaji ny. Kantor dia wajibin pake Bca, jd sy saranin dia utk buka xpresi aj, soalny relatif lbh ringan dibanding tahapan standar nya yg tinggi setoran awal & admin bulanan. Akan tetapi Xpresi lbh mahal di biaya tutup rek nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa bro, selagi saldo bca bisa di pangkas via atm sampe 10ribu sih gak masalah biaya tutup rekening berapa jg

      Delete
  3. umur saya sudah lewat 25 tahun, sampe sekarang bni taplus muda belum di migrasi tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin aja gan, tunggu bank yg action aja hehe...

      Delete
  4. Usiaku skrg udh 26thn. Tp masih pakai tabungan btn juara sejak mnjadi mahasiswa sampai udah lama lulusnya masih kupakai sama utk mnyimpan uang.. Smoga tetap boleh pakai tabungan ini. Bebas biaya administrasi bulanan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gitu ya btn.. takut sofi kabur kali... haha....

      Delete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum