June 29, 2015

Catatan: Fitur TabunganKu dan Pilihan Netizen

Advertisement

Penggemar tabungan tanpa biaya administrasi bulanan boleh berterima kasih pada presiden ke-enam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tanpa ide dan pencanangan Gerakan Indonesia Menabung  oleh beliau, boleh jadi produk ini tidak pernah ada. Kalau yang sekarang ……… ( Gak usah di lanjut deh…. No comment aja…. Dari pada kebablasan bisa repot…  cos, saya bisa nulis setajam silet, silet nya Feny Rose tapi ya….)



Fitur Tambahan TabunganKu 2015

Sebelum saya ngoceh panjang lebar lebih baik saya tampilkan pembaruan fitur TabunganKu 2015 yang lebih simple. Sehingga teman-teman yang ingin membandingkan jadi lebih mudah. Silahkan lihat table dibawah. Jika sedang  online dengan perangkat mobile, gunakan mode landscape agar table terlihat utuh.

Kalau ada yang salah mohon di koreksi.


Bank
eBanking
Limit TRX di ATM (juta/hari)
Ket
ATM
INET
Mobile
Tarik tunai
transfer







BII Maybank
v
v
v
1
20

CIMB Niaga
v
v
v
10
25

BNI Syariah
v
v
v
5
?








Mandiri
v
-
-
1
-

BRI
-
-
-
-
-

BNI
-
-
-
-
-
BTN
v
-
-
?
?








BCA
v
-
-
7
15

Permata
-
-
-
-
-

Danamon
v
?
?
?
?

Sinarmas
v
-
-
5
20

Mega
v
v
v
?
?
Fitur ebanking dikenakan biaya
Bukopin
v
v
-
?
?

Panin
v
v
v
?
?

OCBC NISP
v
-
-
?
?

UOB
v
-
-
?
?
Biaya ATM 2500/bulan
Mayapada
?
?
?
?
?

Victoria
-
-
-
-
-

Mutiara
?
?
?
?
?

Arta Graha
?
?
?
?
?

Standard Chartered
-
-
-
-
-

BNP
-
-
-
-
-

Jasa Jakarta
-
-
-
-
-

BRI Agro
-
-
-
-
-

Ganesha
v
-
-
-
-

Kesejahteraan
v
-
-
?
?

Boi Idonesia
?
?
?
?
?

Index Selindo
V
-
-
?
?

Harda
-
-
-
-
-

Hana
-
-
-
-
-

SBI
-
-
-
-
-

INA Perdana
-
-
-
-
-

Mayora
-
-
-
-
-

Sinar Harapan Bali
v
-
-
?
?

Artos
v
-
-
?
?

MNC
-
-
-
-
-








Muamalat
-
-
-
-
-

BSM
v
?
?
?
?
Biaya ATM 2000/bulan














BJB
v
-
-
?
?
Biaya ATM 1000/bulan
Bank DKI
-
-
-
-
-

Bank Jateng
v
-
-
?
?

Bank Jatim
v
-
-
?
?

BPD DIY
-
-
-
-
-








BPD Aceh
-
-
-
-
-

Bank  Nagari (BPD sumbar)
-
-
-
-
-

Bank Riau Kepri
-
-
-
-
-

Bank Sumsel Babel
-
-
-
-
-

Bank Sumut
-
-
-
-
-

Bank Lampung













Bank Kaltim
-
-
-
-
-

Bank Kalbar
-
-
-
-
-

Bank Kalsel
-
-
-
-
-

Bank Kalteng
-
-
-
-
-

Bank Bengkulu
-
-
-
-
-

Bank Jambi
-
-
-
-
-








Bank Papua
v
-
-
?
?

Bank NTT
-
-
-
-
-

Bank NTB
-
-
-
-
-

BPD Bali
-
-
-
-


Bank Sulsebar
?
?
?
?
?

Bank Sultra
?
?
?
?
?

Bank Sulut
?
?
?
?
?

Bank Maluku
-
-
-
-
-
















TabunganKu dan Netizen

Sejak di luncurkan 2010 silam, TabunganKu cukup banyak mendapat perhatian netizen. Saya membaca cukup banyak posting di blog personal mengenai produk ini. Saya ingin berterima kasih pada teman-teman blogger tersebut. Dari data dan pengalaman  mereka,  sehingga saya punya bahan menulis dalam bentuk rangkuman yang berjudul : TabunganKu yang paling bagus

Terima kasih juga pada teman-teman yang sempat mampir dan memberi informasi tambahan pada kotak komentar sehingga informasi yang ada tetap update. Tanpa info tambahan dari teman-teman itu, bisa dipastikan saya tidak bisa menjawab pertanyaan dari netizen lain. Pasti.  Jujur deh, saya tidak paham dunia ini. Kalaupun seolah saya bisa menjawab pertanyaan yang masuk, itu tak lebih karena dalam diri saya masih  tersisa  jiwa customer service wkwkwk…. Dosa besar jika mengatakan tidak tahu.  Meskipun beberapa kali juga bahasa itu terpaksa  keluar ketika mood tidak  mendukung untuk mencari tahu  hehe…. #maafkan daku.

Artikel “TabunganKu yang paling bagus” yang  saya publish pada 4 april  2014 itu ternyata  cukup banyak mendapat minat pengunjung. Dari  hasil analisis data, praktis  tulisan itu selalu dibaca lebih dari 1000 kali perhari, sampai saat ini. Tercatat juga sebagai  bagian dari lima  artikel yang selalu paling banyak dibaca setiap harinya, sampai hari ini.

Antusiasme netizen pada TabunganKu (tentu saja dalam scope blog ini. Kalau dalam skala nasional saya tidak tahu) tergambar dari keingintahuan akan produk tabungan tanpa potongan bulanan. Para junior yang baru akan bersinggungan dengan bank atau mereka yang sebelumnya sudah punya akun di bank, semua menyatu disana.

Untuk para junior saya memang memberi arahan kesana dengan  tautan dari beberapa artikel lain. Sementara para senior lebih banyak datang sendiri dari mesin pencari.

Saya tidak tahu kemana mereka akhirnya menentukan pilihan. Tidak ada data yang bisa dijadikan acuan. Namun, dari interaksi dengan pembaca, saya punya beberapa gambaran akan minat mereka pada produk tabunganku.

Bro AJ dari Jember misalnya, dia membuka dua tabunganKu sekaligus dihari yang sama, di CIMB Niaga dan BNI Syariah. Dari situ kita membaca kebutuhan beliau pada  fitur elektronik banking. TabunganKu dari CIMB Niaga dan BNI Syariah (juga BII Maybank) memang memberi fasilitas ebanking terlengkap. Bisa transaksi dengan internet banking, Mobile banking, bahkan kartu ATM nya pun bisa di fungsikan sebagai kartu debet.

Kebutuhan  Fitur eBanking pada TabunganKu tergambar dari pertanyaan, pernyataan dan  harapan teman-teman kita.  Kang JH bandung misalnya, akan  menggunakan ATM dari TabunganKu BII untuk di gunakan belanja di toko. Sebelas duabelas dengan  bro HS yang ingin menggunakan ATM TabunganKu CIMB sebagai kartu debet.

Yang lainnya ada beragam harapan. Bro AP (ingin di gunakan untuk isi pulsa dan token PLN), sis MA (untuk bayar BPJS), sis FB (untuk belanja online), ibu AA (untuk jualan online) dll.

Meski saya  menempatkan BII Maybank dan CIMB Niaga sebagai dua bank denggan fitur terbaik pada produk tabunganku, tapi  tidak serta merta netizen mengarah kesana. Karena ada juga yang lebih memilih bank lain meski fiturnya tidak selengkap dua bank tadi.  Dalam hal ini BCA dan Bank mandiri tetap jadi incaran para calon nasabah.

Alasan paling tepat hanya mereka sendiri yang tahu. Namun ada juga yang secara lugas mengatakan karena factor keberadaan kantor cabang atau jumlah mesin ATM.

Hal lain yang bisa di sampaikan adalah mengenai adanya kegagalan dalam pembuatan TabunganKu. Meski secara jelas bank tersebut mengelola tabunganku, nyatanya tidak semua kantor cabang menerima. Sis PS misalnya gagal membuka tabunganKu di BCA Rukan gading Jakarta, dengan alasan Produk tabunganku hanya untuk pelajar.  Sementara Bro SAB gagal membuka tabungaku di BNI syariah Gresik, sehingga beliau membuka produk lain.

Catatan TabunganKu

Terlepas dari bagaimana kita memandang  keperluan fitur pada TabunganKu, saya punya beberapa catatan mengenai hal ini:

BII Maybank  yang sejak awal (sepengatahuan saya)  menebar fitur ebanking  tanpa biaya tambahan, plus kartu ATM-nya  bisa digunakan untuk belanja di merchant , di tahun 2015 sekarng masih  konsisten tersedia bagi yang menginginkan (meskipun  tidak di publish pada websitenya). So, jangan ragu untuk mengajukan permohonan produk itu meski mungkin saja  Customer Service  BII tidak memperkenalkan TabunganKu diawal. Kalau tidak ada, berarti kita delete dari daftar.

CIMB Niaga yang  kemudian menyusul BII menebar fasilitas eBanking tanpa biaya tambahan pada tabunganku  tetap berada pada grade A dengan limit tarik tunai hingga 10juta perhari. Limit demikian sudah terbilang besar jika kita bandingkan dengan limit penarikan tunai dari bank lain pada ATM regular mereka. Meski CIMB Niaga kemudian memperkenalkan produk baru simpanan tanpa biaya, ON Account. Namun TabunganKu CIMB bisa tetap jadi pilihan terutama yang mengingingkan kepemilikan passbook.

BNI Yang semula terkesan mengelola tabunganku ala kadarnya, kini  mulai ada kesan ingin menyenangkan nasabah. Setidaknya sekarang ada fitur ebanking yang bisa dinikmati pemilik akun. Ada fitur ATM nya. Bisa juga menggunakan internet banking untuk transaksi non financial. Ini sudah cukup  untuk sekedar memonitor perkembangan saldo  tanpa harus pergi ke ATM atau mencetak buku.

Pertama kali saya mengetahui  tabunganku BNI ada fitur ATM dari bro YCK pada tanggal 25 februari 2015. Dan ini penampakan ATM TabunganKu BNI miliknya mas AMS


atm tabunganku BNI.  Credit: Bank BNI #albert maharso
Update:
Ada tambahan info dari mas Albert, untuk mengaktifkan fasilitas e-Chanel TabunganKu BNI bisa dilakukan sendiri di ATM. Kalo request aktivasi di Customer Service kantor cabang kemungkinan dijawab tidak bisa.

- Per 1 Oktober 2015 tabunganku BNI sudah tidak ada fasilitas ATM dan ebanking lain.
-----------------

Sementara itu Bank Mandiri tetap konsisten pada pendiriannya. Produk tabunganku hanya untuk simpanan. Setoran dan penarikan melalui teller hanya bisa dilakukan pada cabang tempat membuka rekening.  Penarikan kedua dan seterusnya dalam satu bulan dikenakan biaya Rp 5000. Penarikan dibawah 5 juta dikenakan biaya Rp 5000. Tidak bisa melaukan transfer melalui ATM.

TabunganKu BTN bisa jadi pilihan lain bagi penggemar bank plat merah. Bisa melalukan setoran di semua kantor cabang BTN. Sementara untuk setoran dari kantor pos ada biaya Rp 10.000,-

TabunganKu BRI? Tidak banyak yang bisa diungkap….. Anda rakyat daerah….. Rakyat kecil yang ingin mengakses perbankan pada produk simpaman tanpa potongan silahkan menabung dan menarik uang di teller.  Jangan minta lebih…!! (Afgan gak sih bahasa gue…atau Rosa… atau setajam silet....?)

TabunganKu di Bank lain tidak banyak jadi pembicaraan oleh netizen. Sementara Bank Pembangunan Daerah terlihat lebih senang menggarap Simpeda dan produk mereka sendiri.

Tentang TabunganKu

TabunganKu adalah produk simpanan harian untuk perorangan dengan persyaratan ringan yang diterbitkan bersama-sama oleh bank-bank di Indonesia untuk menumbuhkan budaya menabung.

TabunganKu disemua bank memiliki kesamaan dalam hal fitur standar, diantaranya
  • Bebas biaya administrasi bulanan
  • Setoran awal pembukaan rekening minimum Rp 20.000,-
  • Setoran selanjutnya minimum Rp 10.000,-
  • Saldo minimum setelah penarikan Rp 20.000,-
  • Biaya dormant (tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut) Rp 2000,-
  • Biaya penutupan rekening Rp 20.000,-
  • Minimum penarikan di counter Rp 10.000,-
  • Gratis penggantian buku karena hilang/rusak
  • Bunga / bonus wadiah berdasar saldo harian dan tidak progresif

**
Terakhir saya ingin mengatakan: TabunganKu tetap bisa jadikan untuk menyimpan uang di bank. Dengan hanya mengendapkan saldo Rp 20.000 saja,  kita tak perlu khawatir duit berkurang.  Bapak, ibu, anak muda,  pelajar,  mahasiswa, pekerja, wirausahawan atau siapapun anda Warga Negara Indonesia dapat membuka jenis simpanan ini di bank. Terserah di bank mana. Saya tidak punya kepentingan untuk itu.  Khusus adek-adek pelajar atau yang belum punya KTP,  datang ke bank nya sama salah satu orang tua ya.

Demikian… terima kasih telah membaca.

***
Galery ATM TabunganKu kiriman teman2

ATM Tabunganku Bank Panin. credit: Bank Panin #sar midi

ATM TabunganKu BCA. Credit: BCA #Sulistyono

ATM TabunganKu BII Maybank. Credit: BII Maybank #Sar Midi

ATM TabunganKu OCBC Nisp. Credit: OCBC Nisp #sar midi

ATM TabunganKu BNI Syariah credit: BNI Syariah #Mahendra Sanjaya

ATM TabunganKu UOB.. Credit Bank UOB #sar midi
ATM TabunganKu CIMB Niaga. Credit: CIMB Niaga #jovi jovovich


ATM TabunganKu Bank Jatim. Credit: bank jatim #jovi jovovich


ATM Tabunganku Danamon. credit: bank Danamon #albert maharso
ATM Tabunganku bank BNP. credit: Bank BNP #albert maharso
ATM TabunganKu bank Sinarmas. Credit:Bank Sinarmas #albert maharso


**
P/s: Bagi teman-teman yang punya ATM TabunganKu dari bank mana saja boleh share dong fotonya. Milik sendiri ya. Buat dipasang di halaman ini. Di blur aja nomor kartunya untuk menjaga keamanan

Kirim ke email ya : blog.andreadee@gmail.com
 

Posted by:

165 komentar:

  1. catatan ya ! yg mau daftar sms, internet, phone banking tabunganku BNI, daftarnya langsung via atm, tidak melalui cs karena cs tidak mau melayani dan dijawab tak bisa karena logika nya jika daftar dan dipush via sistem komputer cs maka finansialnya akan aktif juga.. daftar via atm langsung aja, lancar buat cek saldo dan mutasi, non trx finansial.. dg adanya fasilitas kartu atm dan e chanel basic membuat tabungan bni menjadi sgt bagus, melihat banyaknya cabang bni dimana mana, kartu atm bs untuk blanja debit di edc bni, dan jumlah atm bni yg sgt banyak, bahkan sering sy jumpai dalam 1 ruas jalan bisa ada atm bni lebih dari 8 unit.. semua itu benar benar akan memudahkan dan memanjakan nasabah bank bumn ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok mas, saya bikin tambahin di artikel

      Delete
    2. saya sudah buku rekening bni tabunganku. trus kemarin baru terima atm. langsung aja aku daftarin internet banking di atm, dan sudah menerima kode aktivasi. Kemudian aku aktivasi lewat internet banking, sudah jadi pasword.. tapi aku gak tahu kenapa gak muncul ID. trus aku telp ke CS BNI, dari keterangan CS, katanya aq sudah punya ID. petugas menyebutkan ID ku, barulah aku ingat kalo dulu pernah punya BNI taplus, tapi udah ditutup sejak bertahun2 lalu... ternyata ID masih sama ky dulu. okelah aku masuk pake ID itu dan masukin pasword yang udah aq buat dr hasil aktivasi. tapi hasilnya, malah aku keblokir. trus telp lagi deh ke CS, katanya suruh masuk pake lupa pasword. aku ikutin sesuai panduan CS... tapi mau login lagi gagal terus. sampe keblokir lagi. mungkin agan ada solusi buat saya? saya ke kantor BNI untuk menyampaikan masalah tsb malah ditolak. katanya tabunganku bni itu tabungan konvensional, tidak bisa untuk internet banking...

      Delete
    3. berarti rek tabunganku itu masih satu cif dengan taplus yang dulu... jadi harus pake user id yg lama

      coba agan kontak bni ke email aja, minta penjelasan fitur internet banking untuk tabunganku...

      kalo nanti dapat balasan ok bisa internet banking... maka agan bawa bukti email itu untuk ajuin buka blokir..

      kalo di tolak jg lebih baik tutup rekeningnya.. itu kalo agan pengen gunain internet banking...

      kalo nanti mau bikin lagi di bni, minta sama cs nya supaya agan jangan di satuin dengan cif yg dulu

      btw, kalo saya jd agan pasti sudah saya buang kartu atm buku tabungannya... masih banyak bank yg bagus ...

      Delete
  2. Saya termasuk yg mengetahui ttg program TabunganKu dr situs ini dan lsng buka akun bank di CIMB Niaga dan sampai saat ini tidak pernah diurus lagi :D

    Mau tanya ttg "biaya dormant"
    itu kan biaya yang akan mengurangi saldo dari pemilik.
    Kalau saldo pemiliknya sudah 0 trus kan ga mungkin dikurangin lagi, apa secara otomatis rekening pemilik lsng dihapus oleh bank atau rekening akan terus ada sampai pemiliknya minta dihapus?

    Kalau misalnya rekening pemiliknya dihapus, apa boleh mendaftar lagi sebagai nasabah bank itu lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bro telah jadikan blog ini referensi.

      ada jangka waktu berapa bulan sebelum rekening di non aktifkan (ditutup). Tapi data nasabah masih akan tetap disimpan dalam database bank.

      Bisa bikin lagi, kalo ditanya apakah sebelumnya pernah jadi nasabah di cimb, jawab aja jujur, ga masalah kok, saya juga dulu sempat menelantarkan tabungan cimb dan akhirnya balik lagi sampe sekarang



      Delete
  3. Kalo menurut saya, produk TabunganKu dari bank BNI Syariah adalah yang paling powerfull. Alasannya:
    1. Bisa setor ke BNI Konvensional. Karena di daerah saya lebih banyak cabang BNI Konvensionalnya dobandungkan dengan yang Syariah.
    2. Layanan ATM menyatu dengna induknya yakni BNI 46 (konvensional). Jadi lebih nyaman, lebih terjangkau, dan lebih murah.
    3. Mendapat fasilitas e-channel, baik phone banking, SMS banking, dan internet banking.
    4. Kartu ATM plus kartu debet dengan mengusung Hasanah Debit yang berawal dari tabungan iB Hasanah. Bisa dipake belanja di seluruh merchant berlogo MasterCard di seluruh dunia.

    Kayaknya segitu dulu, Mas Andrea.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok bro, segitu jg udah lebih dari cukup, lengkap alasannya.

      Delete
    2. iya tabunganku bni syariah lengkap dan full suport dr induknya. tapi ! semua berubah saat negara api menyerang ! wkwkwk gak dink.. cuman ya tunggu dan liat aja apa bni syariah msh akan se istimewa itu setelah merger dg bumn syariah lain dlm beberapa bulan kedepan. bisa dipastikan induknya akan lepaskan semua dukungan ke bni syariah, dan tabunganku bni syariah akan punah, berganti nama dan berganti syarat ketentuan jg.

      Delete
    3. Saya sudah baca artikel di salah satu website, Mas. Yang menuliskan bahwa rumor bahwa bank syariah BUMN akan merger itu ternyata gak jadi. Katanya banyak resiko, dan banyak biayanya (Jusuf Kalla). Bahkan BNI Syariah bakal listing di tahun 2017 (Insha Allah). So, bank syariah di Indonesia tidak akan merger. Tenang aja.

      Delete
    4. Sya jga mnggunakan bni syariah tabunganKu, dan saya setuju dg mas mahendra Bni syariah tabunganKu mmg lbih powerfull.. Ttapi mslahnya dlu sya mnggunakan ktika sdang kuliah, trs teller mnyampaikan bhwa saya hrus lpor jika saya sudah lulus kuliah, pkir saya tabunganKu hnya untuk anak2 dan sampai saat ini apa bisa saya menggunakan tabunganKu misalkan mau membuka rekening baru?

      Delete
    5. bisa tetap digunakan, kalo sudah terlanjur ditutup bisa bikin lagi gak masalah

      Delete
    6. Mau tanya mas dan mbak. TabunganKu BNI syariah dg segala fasilitas nya itu kena biaya admin atau tidak. Atau jika ada berapa saldo yg hrs ngendap agar potongan dan bagi hasilnya seimbang?

      Trima kasih

      Delete
    7. gratis kok semua... saldo cukup 20ribu saja

      Delete
  4. tabunganku danamon sudah ada kartu atmnya, coba cek d webnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. o yah... makasih info nya langsung saya cek ya

      Delete
    2. ok, ada kartu atm-nya, tapi tetap adanya di DSP (danamon simpan pinjam)

      Delete
  5. Terlanjur tabunganku mandiri, eh ternyata kartunya nunggu 1 minggu. Tertarik buat di BNI fiturnya lumayan, dekat rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah bro perlunya mencari info dulu hehe.....

      Delete
  6. mau tanya nih, kalau pakai tabunganku bca itu apakah usianya harus dibawah 17 tahun? soalnya aku udh mau 20 tahun, tapi pingin bikin tabunganku bca gitu.terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tabunganku bca bisa untuk semua umur.

      btw, agak pake nama peluang bisnis online kok bikin nya tabunganku. tabunganku bca gak sesuai untuk netizen, pilih aja bca xpresi.

      Delete
  7. "P/s: Bagi teman-teman yang punya ATM TabunganKu dari bank mana saja boleh share dong fotonya. Milik sendiri ya. Buat dipasang di halaman ini. Di blur aja nomor kartunya untuk menjaga keamanan."

    Mas Andrea. Di kolom komentar kan cuman bisa ngisi teks doang. Gak bisa upload gambar. Mau sisipin link, eh entar malah ngelanggar yang ini:
    "Komentar dengan link apapun tidak ditampilkan"
    Gimana to?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkwk... ternyata ente taat aturan bro....

      fotonya kirim ke email, alamat nya ada di halaman kontak

      Delete
    2. saya tulis aja deh;

      blog.andreadee@gmail.com

      Delete
    3. Baik, ditunggu ya, Mas. Insha Allah fotonya akan saya kirim bulan Agustus nanti.

      Terima kasih.

      Delete
    4. ok ditunggu mas, janji adalah utang ya hehe....

      Delete
  8. Maaf mas mau tanya, untuk bni, internet dan mobile bankingnya apa bisa dibuat transaksi finansial jika lewat cust.service tidak bisa diaktifkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabunganku bni gak bisa buat transaksi finansial

      Delete
    2. maksudnya gak bisa transaksi finansial di mobile dan internet banking

      Delete
  9. kang mau tanya, perbedaan iB Hasanah dengan TabunganKu di BNI Syariah apa? kebetulan saya mau buka rekening di bank itu setelah dapet referensi dari blog ini. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bedanya di minimum setoran awal dan saldo mininum mengendap.

      -kalo tabunganku setoran awal dan saldo mengendap boleh 20ribu.
      -kalo ib hasanah wadiah, minimal 100ribu.

      selamat menabung

      Delete
    2. Tambahan, Mas. Kalo produk TabunganKu iB, penggantian buku tabungan yang habis halaman mutasi, rusak, atau hilang hanya bisa diganti di cabang pembukaan rekening. Sedangkan untuk produk Tabungan iB Hasanah, bisa dilakukan di semua kantor cabang BNI Syariah seluruh Indonesia.

      Terima kasih.

      Delete
    3. ok makasih, kebeneran bro nandi jg masuk lagi nih

      Delete
  10. oh, rencana saya buka rekening itu untuk nerima transferan beasiswa dan belanja online, kira2 yang pas dengan kebutuhan saya yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo belanja online sih paling enak pake bca (bikin aja bca xpresi, biaya admin 5000/bulan)

      bni syariah jg gapapa sih, karena kalo si penjual pakai rek BNI konvensional, bisa transfer gratis dari bni syariah.

      kalo beasiswa perlu di ketahui dulu, apakah si pemberi beasiswa tidak mensyaratkan bank tertentu atau gmn, kalo bebas, itu lebih baik sekalian rekening yg multi fungsi

      Delete
  11. tabunganku danamon sekarang sudah ada kartu atm

    ReplyDelete
  12. Malam mas, saya berminat untuk membuka rekening tabunganku di Bank Cimb Niaga karena fasilitasnya yg cukup lengkap dan atm-nya pun sudah mulai tersebar, namun terdapat pertanyaan mengenai tabunganku cimb niaga yaitu :
    1.apakah tarik tunai benar benar gratis tanpa batas misalkan saldo dibawah 1jt (tidak seperti tabunganku mandiri dimana pada transaksi tarik tunai yang kedua dan selanjutnya dikenakan biaya 5000 per transaksi) ?
    2. Lalu apakah untuk mengunakan fasilitas internet banking tidak dikenakan biaya tambahan ?
    3. Dan pertanyaan terakhir, berapa biaya transfer ke sesama niaga dan selain cimb niaga ?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo bro, saya coba jwb ya

      1. gak ada batasan, yg penting satu hari maksimal 10juta, berapa kali aja dalam sebulan gak masalah.

      2.gak ada biaya, internet banking, atm maupun go mobile semua gratis.

      3.transfer ke sesama cimb gratis, kalo kebank lain 6500.

      nanti kalo kantor cabang cimb jauh, bisa setoran lewat alfamart/indomart melalui rekening ponsel, silahkan baca artikelnya di kategori eMoney.

      Delete
    2. Cek disini bro:
      https://www.cimbniaga.com/index.php?ch=cn_p_db&pg=cn_p_db_sav&ac=18#

      tadi siang baru abis dari CIMB cabang pembantu. Baru masuk udah dicegat satpam ditanya mau kemana.

      ane jawab mau ke cs buka rekening. Ditanyain ada npwp ngga, ane bilang ngga ada masih mahasiswa. Eh suruh balik dulu katanya pake npwp ortu :v

      Delete
    3. wah ... padahal kebanyakan cabang cimb masih welcome loh gak pake npwp (termasuk npwp ortu)

      coba bro tanya di twitter cimb.. tunjuk aja nama cabangnya...

      Delete
    4. Mungkin karena cabang pembantu. Jadi harus pilih pilih nasabah.

      Nanti ane mau coba ke cabang yang gede. Laporannya nanti ane kasih tau dimari

      Delete
    5. Sukses buka rekening.

      Ane ga ada NPWP masih mahasiswa. Syarat cuma bawa NPWP sama KTP ortu.

      Yang penting KTP ortu ada sama punya fixed line itu yang penting


      Langsung tes VCN works

      Delete
    6. laporan diterima.. terima kasih

      Delete
  13. Mohon infonya gan, apa bener proses buka bii tabunganku biayanya segini gan?
    http://www.bii.co.id/consumer/deposit/saving-account/reguler/Pages/BII-Tabunganku.aspx

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg sempat heran lihat halaman itu gan, cuma saya kira itu salah webmaster-nya

      jadi tabunganku bii tetap setoran awalnya 20ribu, gak ada potongan, dan kartu atmnya sama dengan yg reguler itu

      Delete
  14. mau nanya bisa gak buka tabunganku di ocbc nisp konven bukan ocbc nisp syariah, soalnya d web ocbc nisp, tabunganku hanya ada d ocbc nisp syariah aja, di ocbc nisp konven gak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja gan, tadinya di konvensional nya juga ada.

      Delete
  15. cek di gogel. ada tabungan simple ib yg di keluarkan ojk


    ane nunggu ulsanan

    -tabungan simple ib
    -tabungan mega syariah

    ReplyDelete
  16. Habis dari BNI Syariah Cab. Kota Gresik katanya Program TabunganKu sudah gak ada gan.. 😒
    #lelah letih lesu lemas keluar dari kantor cabang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah agan ini gak teliti baca artikel, saya udah tulis tuh gan kalo ada yg pernah ngalamin kayak gitu di bni syariah gresik.

      bro sab (syam al bukhori), di jg di bilangin sama cs bni syariah, katanya tabunganku sudah gak ada, sementara di cabang lain masih ada

      Delete
  17. agan sar midi bikin atm nya grosiran wkwkwkwk.........

    bingung gue dia punya berapa puluh........

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk banyak bgt mas, sering pamer di kaskus jg, tiap hari kan kartu atm dia bertambah 1, namanya aja orang kaya dan sukses sampai duitnya ga cukup disimpan di 1 bank.. mana bisa kita nyaingin bos yg 1 itu, hidup sarmidi ! wkwkwk

      Delete
  18. ada belasan rekening gan, rata2 free biaya admin
    seperti permata, bri syariah, tabunganku, sinarmas

    kalu yg sering d pakai hanya 4 bri buat jual pulsa karena teras bri dekat rumah, klo yg lain buat jualan online

    ReplyDelete
  19. Agan andrea saya mau mnta saran
    Saya bingung di desa saya cuma ada bank mandiri, BRI sama Jatim sedangkn saya aslinya ingin nabung dibri syariah
    Saya sudah baca artikel agan tntang tabunganku
    Tpi saya msh bngung hehe..otak ane mau meledak rasanye wkwk
    Saya mahasiswa yg akn meluncur ke surabaya, mka nya sya ingin buka rkening.biar ayah sya bs transfer uang dr bank desa sya
    1.Mnurut mas..bank manakah yg cocok buat sya ? Apakah tabunganku mandiri ?
    2. Seumpama sya bka rkening tbungnku mandiri di desa sya..apakah sya hrs ngambil uang dr atm desa sya ? Kalo sya ngambil uang dr atm dsurabaya bs tdk ?

    Maaf mrepotkn prtnyaanya..maklum newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabunganku mandiri mesti setor di cabang tempat bikin rekening, tapi kalo ambil duit bisa di atm mana aja di seluruh indonesia

      kalo kata sih ya, agan kan mahasiswa, masa punya rekening yg fasilitas terbatas gitu, mahasiswa harus manfaatin teknologi gan, nanti malah setelah agan di surabaya mikir mau bikin rekening yg lain

      sebaiknya ngobrol aja dulu sama orang tuanya, kesanggupan dia jalan kalo mau transfer, kalo dia mau jalan sedikit jauh kan agan bisa pilih tabunganku dari bank lain yg bagus

      kalo didesa agan ada indomart alfamart, agan bisa bisa bikin tabunganku cimb niaga, nanti orang tua agan tranfernya dari alfmart indomart melalui rek ponsel agan

      silahkan baca artikel ini cara nya rekening ponsel cimb niaga

      Delete
    2. Di desa tetangga malah gk ada gan
      Ada artikel tentang bank jatim tidak ?
      Kata ortu saya ribet lewat rekening ponsel cimb niaga..maklum beliau kudet hehe

      Delete
    3. ya kalo orang tua yg disuruh jelas aja ngerasa repot, kalo agan yg punya rek ponsel sih nggak, jadi nantinya ortu agan cukup setor duit ke kasir alfamart aja, kayak mau minta isi pulsa gitu,

      ntar duit langsung masuk, ada notif sms he HP, nah duit tuh langsung bisa diambil di atm cimb atau di tranfer ke rekening tabungan

      btw itu cuma sekedar pencerahan aja ya gan, ane gak pny kepentingan apapun dengan bank itu hehe....

      selamat nabung rek, ini bank jatim
      bank jatim

      Delete
    4. Maaf tlat n hanya ksh info j.
      Kebetulan sy pk jatim, tp yg simpeda.
      Mmg sih ada potongan perbulan 7500.
      Tp di simpeda jatim, smp saat ini masih tarik tunai gratis di seluruh atm bank lainnya.
      Jd gak perlu cari atm yg sama.hehehe...

      Delete
    5. lumayan dah kalo gitu..ikut ngebangun daerah jg nabung di bpd

      Delete
  20. Mas andrea apakah tabunganku bni ada batas limit transaksi dlm 1 bulan , contoh'a tabunganku bca mandiri bri dlm 1 bulan diberi batas limit transaksi max 4 dlm sebulan trus klau transaksi lebih dr 4 kali dlm sebulan di kenakan biaya untuk transaksi'a apapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada deh, yg penting limit harian aja

      Delete
  21. Kalau aku pas buka tabunganKU BCA di KCP. setempat gk diterima karena alasan lain "tanda tangan kurang mirip dgn yg ada di KTP".
    ---> Asli mengecewakan, walaupun cantik cs nya, keliatan jelek pas dia suruh aku belajar tanda tangan dulu dirumah baru balik lagi ke sana, mana aku dikirain gregetan nulis tanda tangan makanya kurang mirip, tambah sebel aku dibuat si cantik tu tapi jd jelek didepan mataKU.
    ---> Aku langsung aja kemudian pergi ke KC nya, langsung keterima, walau sempat si cs ngerayu beberapa kali nyuruh bikin yg tahapan BCA, aku tak mau dirayu n banyak debat, aku bilang aja alasan aku mau buka rekning BCA TabunganKu bukan untuk belanja tapi hanya untuk terima transfer dana & kadang2 transfer ke BCA kl diperlukan itu aja.
    maka dibuatinlah atm gambar batik T_T , Tanpa nama pula.
    #apa ada agan2 yg punya atm tabunganKU BCA yg pake nama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana jadinya kalo orang awam, yg taunya cuma maunabung dan gak kenal macam2 produk, mungkin ga bakal di kenalin tuh tabunganku....

      Delete
    2. setau saya memang ga pernah ada bank yg nawarin sih pas kita mau buka suatu rekening. pasti ujung2nya harus kita yg lebih tau produk & tahan rayuan pas di meja CS.
      tabKu ini memang program pemerintah tapi pada realita promosi nya ga benar2 di-sounding. paling banter diinfokan di website masing2 bank aja.

      Delete
  22. Persyaratannya cuma KTP aja ya kalo bikin tabunganku ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya memang cukup ktp aja, cuma ya tergantung bank nya, kadang minta rangkap identitas.

      kalo bikin rekening ke bank sebaiknya selalu bawa kartu keluarga, kalo saya gitu, diminta ga diminta pasti saya bawa daripada bolak-balik

      Delete
    2. yoi pada dasarnya cukup ktp aja utk pembukaan. tapi faktor muka calon nasabah jg biasanya jd pertimbangan. kalo cs nya agak ragu menilai gerak gerik dan gaya bicara nasabah biasanya akan diperibet dan dimintain syarat lebih banyak, termasuk dimintai no telp rumah atau kantor yg akan diverifikasi pd saat itu jg..

      pengalaman pribadiku waktu dulu mau buka rek di bca cukup pakai ktp aja dah jadi 15 menit..

      sore harinya temen ku juga mau buka dicabang yg sama dg cs yg sama dan dia dimintain no telp kantor, c1, sim. krn gak lengkap dan no telp yg diberikan ga bs di hub maka pembukaan rek dia ditolak, pulang dg marah marah dan kecewa

      entahlah mungkin ada cara tertentu cs dalam menilai nasabah.

      Delete
    3. bener banget, ini bukan bukan berarti ngomongon fisik, tapi faktor kewaspadaan bank menerima nasabah baru, takut rekeningnya disalah gunakan.

      tampang saya kan rada angker gitu hehe...., tp sy ga pernah di tolak sama bank... malah ribet ...malas ditawarin macam2... malah di salah satu bank ada supervisor nya sibuk banget nyariin manual book internet banking buat saya.. sampe2 si cs aja geleng2...

      Delete
  23. aku td kirim foto via email mas :) masuk blm ya, maklum lg lemot. he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah diterima, nih mau di pasang, kebeneran kalo buka email sy belakangan hehe...

      Delete
  24. Mas, mau nanya dong,, aku sudah buka BNI tabunganku, sudah daftar I.Banking tapi koq tidak bisa cek mutasi ya, tulisannya : rekening tidak cocok buat layanan yang diminta ?
    Cek saldo bisa,,
    Gimana ya cara lihat mutasi tabunganku di i.banking ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak punya akun bni hehe.....

      ntar ya nunggu ada yg jawab dibawah....

      Delete
    2. Emang ga bisa buat cek mutasi. Aku punya BNI tabunganku juga begitu.

      Delete
  25. barusan daftarin sms banking sama internet banking bni tabunganku di atm.
    sms langsung bisa dipake cek saldo sama mutasi
    yg internet banking aktivasi lagi di websitenya buat dapet user id. pas dicek ternyata rekening tabunganku gak masuk menu tabungan, malah masuk di menu deposito hehe. fitur disitunya bener2 terbatas cuma bisa cek saldo sama mutasi, ganti user id gak bisa (soalnya kudu pake token), jadinya user id nya kudu dicatet soalnya nama user id nya abstrak gak kaya bank lain yg kombinasi nama+tanggal lahir :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bro udah berbagi pengalaman....

      sekalian deh tolong bantuin jawab pertanyaan sherly diatas, soal mutasi rekening.... haaa....

      Delete
  26. Oalah di menu deposito toh ^.^

    Makasih mas Arri n Andrea :)

    ReplyDelete
  27. barusan tadi siang buka rek tabunganku bca. ternyata gak ribet cuma pake e ktp dan no hp aja 15 menit dah jadi. gak usah isi apa apa tinggal tanda tangan form lumayan banyak.. di BCA mangkubumi jogja..

    tadinya awal datang sempet ngedrop karena kata satpam harus bawa kk, 3 identitas berfoto, npwp, telp rumah.. terus aku jawab pak sy mau konsultasi dan tanya2 produk dulu ke cs.

    ternyata pas sampai cs cuman cukup ktp aja syaratnya..

    satpam abal abal tuh, dg dia bilang seperti gt ke calon nasabah kan dah brapa byk orang yg kandas dan membatalkan niat buka rek krn terkesan ribet.

    lagipula peng acc rekening adalah urusan cs dan supervisor, bukan urusan satpam.

    nah skrg aku penasaran, ini kartu atm tabunganku BCA bisa gak ya kalo buat setoran via mesin cdm ?

    tadi cuma dijelaskan limit transfer dan tarik nya 4x dalam sebulan, selebihnya kena fee 2500 per trx, kalo setor dan trima katanya gak terbatas.

    berhubung dah ada yg uplod atm nya bca, jd ak ga uplod lg he he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy menduga si satpam dapat intruksi demikian, bahkan mungkin itu ada dalam job desc satpam bca kali hehe.....

      tindakan proaktif satpam bca gitu mungkin spy bisa meminimalisasi antrian di customer service, jadi yg sekiranya tidak memenuhi syarat (kurang lengkap) akan langsung pulang melengkapi terlebih dahulu.

      Saya jg pernah ngalamin hal serupa, cuma waktu itu saya jawab kalo saya sudah registrasi online, biar customer service yg memutuskan saya diterima jadi nasabah lagi atau nggak tanpa sy punya npwp (dalam hati; urusan gue sama cso, bukan sama elu...)

      BCA itu merasa diatas angin, merasa di butuhkan, dia tolak calon nasabah hari ini, dia yakin calon nasabah itu akan balik lagi suatu saat

      -cdm gak bisa....... hari gini antri di teller hehe.....

      Delete
    2. oiya sy kemarin habis ke teller cimb wkwkwk... terpaksa deh ke teller karena cdm yg biasa di jangkau rusak.... tadinya mau setor di cdm cabang tp saya pikir karena masih jam buka kas jadi masuk aja, sekalian tny soal atm chip

      ternyata.... atm chip untuk tabungan xtra sudah ada.. sementara yg sy pegang air asia saver... belum ada.....

      Delete
    3. yoi aku juga udah pegang sejak awal tahun dr sepupu ku yg kerja di bank tersebut dan katanya msh testing internal baru launching awal 2016. aku malah blm tau kalo sekarang udah beredar utk nasabah umum. sip tuh

      Delete
  28. Tabunganku CIMB NIAGA sekarang, ATMnya sudah ATM Chip gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ow.. gitu ya... makasih info nya... mungkin karena yg air asia dan hypermart itu beda sendiri atmnya, yg xtra sama tabunganku sama

      Delete
    2. Ya mungkin mas Andrea. Saya baru buat rekening tabunganku CIMB Niaga tgl 1 kemarin gan. Ketika di beri kartu ATM, ternyata sudah ada chipnya.

      Delete
  29. gan. ada yang ingin saya tanyakan di atas ada kata kata "Bunga / bonus wadiah berdasar saldo harian dan tidak progresif". Mksudnya gimana ya? Trus apa besarnya sama dengan semua bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yg saya tankap ya, bunga nya itu bersifat tetap berdasar yg telah ditetapkan, berapapun saldo tabungan diatas 1juta di hari itu maka akan tetap dapat bunga sama 1% p.a

      yoi, semua bank sama

      Delete
  30. Klo bca tabunganku bisa gak transfer ke lain bank?
    Dan setor tunainya apkh bisa dismua kc bca??
    Cocok gak klo hanya dipke buat jual beli online..

    ReplyDelete
    Replies
    1. -gak bisa
      -bisa
      -gak cocok, untuk jual belin online sebaiknya yg ada fasilitas internet banking dan mobile banking

      Delete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bener ga ada di semua bank ternyata cuma segini doang umurnya... 5 tahun...

      Delete
    2. padahal bni tabunganku jg gak gt tak butuhkan jg, dulu buka jg iseng2 buat byr bpjs..

      ya wajarlah 5th lalu produk ini dilaunching siapa, sekarang udah jaman siapa, udah beda..

      ya moga moga bank lain juga tidak menutup produk tabunganku seperti Bni dan mengkonversinya ke taplus.

      tp buat yg msh punya bisa kok dipakai sampai butabnya habis dan atm nya kadaluarsa.

      intinya aku kecewa bgt sama Bni, aku siap mempertanggung jawabkan apapun yg aku tulis krn ada bukti, akun yg kupakai koment jg asli bukan akun abal abal

      ya walaupun mikir juga sih biasanya kan kiblat perbankan ada di bumn, jika bumn papan atas seperti bni saja per 1 okt 15 dah mulai meniadakan tabunganku bagaimana bank lain ?

      tunggu waktu

      Delete
  32. klarifikasi ulang. aku tadi ditelp bni dan dijelaskan, tabunganku masih ada. hanya saja BNI tabunganku sekarang udah gak ada kartu Atm nya lagi..

    jangan kecewa ya yang belum buka

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkk........

      waktu habis baca komen kemarin saya mikir.... kalo bener2 tabunganku dihapus siapa orang yg paling bertanggung jawab atas keputusan itu..... agus marto atau petinggi ojk... dan tentu sasaran tembak akan lari juga ke jokowi....

      tadinya rencana saya mau buat artikel yg pengen saya publis di beberapa blog pribadi, dilengkapi foto orang-orang "tertuduh" itu,... ternyata eh gak jadi hehe.....


      Delete
    2. hmm mungkin ini yg dimaksud mba CS kmrn saat bapak saya ambil kartu atm tabku BNI nya. si CS bilang, setelah masa berlaku kartu atm habis (tahun 2020), kalau mau ganti kartu atm baru harus pindah rek/produk lain misal BNI taplus.

      Delete
  33. Habis berkunjung ke 3 situs bank; CIMB, BII, dan BNI Syariah. Dari ke 3 situs, hanya BNI Syariah yang masih mencantumkan produk Tabunganku. Jangan2 sudah tidak menerima pendaftaran Tabunganku di CIMB dan BII.

    Saya senang ada blog bertema bank ini! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai saat ini bii dan cimb masih welcome kok untuk tabunganku...gak juga di persulit kalo kita mau pilih tabunganku...

      cuma ya namanya jg bisnis.. bank akan lebih memprioritaskan tabungan yang ada biaya nya dulu demi keuntungan....

      Delete
    2. BNI Syariah ada bro.

      Namanya BNI Syariah akad wadiah. Fitur sama kaya BNI konvensional, cuma ngga bisa VCN aja

      Delete
  34. Hahaha..
    Setelah sekian lama tak mengikuti ternyata BNI tabunganku sudah gak ada atmnya ya?
    Semoga BCA dan CIMB NIAGA tidak ikut mencabut fasilitas atmnya..
    Good luck semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketauan nih orang.. habis di tolak bni syariah lari ke cimb... kkkkkk.

      Delete
  35. itu yang bni bni konvesional atau syariah juga?

    ReplyDelete
  36. Mas mas semua rekening tabunganku bisa terima transferan dari rekening bank lain kah? Atau kudu nyetor uang ke bank atau deposit machine ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dari semua bank, dari dalam maupun luar negeri

      Delete
  37. Mau tanya dong umur aku kan 15 tahun aku bisa bikin tabunganku bca ga?? Itu kira" bisa trsanfer uang sekaligus nerima trsanferan uang dri orng yg ingin transferin uangnya bwt aku ga ��heheh aku kurang ngerti,soalnya blm pernah bikin �� tolong di jawab??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok... ke bca nya sama salah satu orang tua yah...

      bisa transfer cuma ke bca, gak bisa ke bank lain.
      bisa terima transferan dari orang lain, dari semua bank

      Delete
  38. Mas Kalo tabunganku CIMB bisa transfer ke semua bank gak?
    Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kesemua bank.... bisa dengan atm, mbanking atau inet banking... biaya 6500/trx

      Delete
  39. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  40. Kak tanya donk, q pengen buka rekening tp masih bingung pake bank apa, cuma buat jual beli online, nerima & transfer gitu.. yg cocok buatq bank apa ya kak?? Klo bank syariah yg mana?? Konvensional yg mana?? Pengenx sih yg bebas biaya admin & transfer ke bank lain gratis.. pokok gak makan biaya banyak deh kak & fitur yg gak mengecewakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat jualan online pake bca sama mandiri udah cukup..

      kalo bca yg ringan biaya pake xpresi, biaya admin 5000/bulan
      kalo mandiri tabunganmu (bikin di cabang mandiri mitra usaha, gak ada biaya bulanan)

      Delete
  41. saya bingung mending pilih buka rekening di bank cimb niaga yg mana, syariah atau tabunganKu. Kalau tabunganKu disini sdh jelas bgt uraiannya sih, pernah buka mandiri tabunganKu tp kecewa bgt trs buka BRI syariah jg ujung2nya biaya banyak, jadi lumayan trauma bwt buka rekening lagi. tapi sekarang udah butuh bgt coz mau nabung yg bnr2 hehe. mnt saran donk yg bebas biaya trs fasilitas lengkap. mending cimb niaga tabunganKu atau syariah? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. fasilitas sih sama aja, sama2 pake infrastruktur cimb... tinggal menghitung kemungkinan kedepan... misalnya tabunganku, kalo suatu saat kepepet saldo bisa dipangkas sampe 20ribu,,sementara yg xtra syariah kalo saldo dibawah 1juta kena biaya admin 12500

      Delete
  42. wah makasih bgt ya kk', berdasarkan pertimbangan sepertinya saya mau buka rekening yang tabunganKu saja. blog ini membantu sekali,terima kasih banyak :)

    ReplyDelete
  43. Nah ga baca sampai akhir kolom komentar, terlanjur buka rekening TabunganKu BNI per 11Desember 2015 nih, tp udah ga dpt ATM. Kalo dr TabunganKu mau pindah ke Taplus Muda prosesnya dari awal atau harus tutup rekening dulu? Thx. u,u Λ‹Ο‰ΛŠ

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak bisa merubah rek tabunganku ke taplus muda, bisa bikin lagi taplus muda, terus tabunganku gak usah di pake..

      Delete
  44. Mas mau tanya..
    Saya punya tabunganku bca dan bni.. tp yg bni biasa bukan yg syariah.. sy buka des2011 tp emg ga d ksh atm. Kata ny tabunganku ada atm nya..
    Dan sampai skrg sy msh aktip.
    Yg mau d tanyai setelah sy simak komenkomen di atas
    1. Mandiri mitra usaha yg bebas biaya admin itu dpt fitur lengkap kyk mandiri biasa gak? Soalnya potongan mandiri skrg 11.000 :3
    2. Bca tabunganku bs cek mutasi d atm gk?
    3. Bs gak bni(konvesional) tabunganku pindah ke bni syariah tabungan ku?
    4. Sy pernah ke bri.. kata ny bri gakda program tabunganku. Apa bnr ya?

    Mohon bantu jawab mas mas.
    Trims: )
    Mksh jg artikelnya membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba lastri purnama sari..

      tabunganku bni sempat ada fitur atm, sekarang sudah ga ada lagi.

      1. kalo dari pengalaman bbrp teman kita yg komentar di halaman tabunganmu memang beda2 fasilitas yg didapat.... ada yg dapat fitur seperti mandiri biasa... ada yg tidak lengkap... kalo saya sendiri dpt atm, mbanking, dan bisa internet banking untuk trx non finansial aja... kalo atm dan mbanking sudah pasti ada, nah yg internet banking nya gak jelas

      2. gak bisa deh...paling cek saldo aja.. sy nemuin atm yg bisa cek mutasi cuma di bii.. itupun ministatement.

      3. gak bisa... mba ratri gak usah pusing pindah2 gitu... tinggal buang saja tabunganku bni -nya, lalu bikin yg syariah...

      4. ada... tp tidak di semua cabang... tp ya gitu.. tabungan kayak buat orang jadul... setor dan ambil duit pake buku... dan hanya boleh di cabang tempat buka rekening aja


      Delete
  45. Trimakasih mas jawabannya membantu..
    Tapi nama yang lastri salah ya mas.. hhe yg bnr ratri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oww..iyaya hehe... saya heran makin sering mbah google gak ngenalin profile.. jd saya lihat profile sekilas... eh salah ..

      Delete
  46. gan ,tabunganku cimbniaga bisa buat anak gak?
    saya kemaren ke cabang cimbniaga katannya tabunganku untuk 18 tahun keatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kata bi sih bisa... tabunganku buat semua usia...mungkin karena cimb sudah punya tabungan anak namanya tabungan junior.. jadi tabunganku di arahkan buat orang dewasa aja

      Delete
  47. Enaknya pake apa ya kalau tiap pembayaran bulanan (listrik, telpon, pulsa, asuransi) dan belanja online selalu via e-banking. Tp gak banyak potongan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tabunganku bii atau cimb niaga... semua full fitur... keduanya ga ada potongan sama sekali

      Delete
  48. Apakah Tabunagnku Bank Mandiri bisa atau dapat menerima transferan dari Bank Mandiri di luar kota?

    ReplyDelete
  49. Maaf menyimpang sekedar saran.Oh Bahas juga mengenai Rekening/Bank di Ponsel Seperti Tcash, XL Tunai dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy jg pengent tulis tadinya... tp setelah saya pelajari ternyata terlalu banyak biaya... produk yg memberatkan kita sebaiknya gak usah di populerin

      Delete
  50. Info,
    Yg pengen gratis semua muanya silahkan buka bank NATIONAL NOBU
    biaya admin gratis
    Tarik tunai disemua atm GRATIS
    *transfer online, kliring, rtgs GRATIS (pake inet/ mobile bangking)
    Bayar blanja debit bca GRATIS
    Saldo ngendap Rp.0-,

    #BANK NOBU

    ReplyDelete
  51. Ragu nabung dibank...banyak potongn..sedang yg free biaya administrasi ddaerah ngak ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kantor pos... nama produknya ebatara pos

      Delete
  52. Gan klo tabunganku cimb niaga sama bni syariah, tarik tunai atw setor tunai di atm bersama kena biaya admin ngga?
    Sama klo cek saldo atw transfer di atm bersama kena biaya admin juga ngga?

    Klo tabunganku bni syariah, tarik tunai di atm bni biasa, kena biaya admin ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tarik tunai, transfer atau cek saldo di atm bersama keduanya kena biaya..

      cimb setor tunai di cdm bank lain gak bisa.. kalo bni syariah bisa di bni

      gratis..

      Delete
  53. Malem kak andre, mau tnya nih, aku kn pake tabunganku bca, kmren abs transfer ke ssma bca, tp kok saldo berkurang 20rb ya, apa memang ada biaya transfer ya kak? Baik ke ssma bank maupun ke bank lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada biaya transfer ke sesama bca.. tabunganku gak bisa transfer ke bank lain...kalo cek saldo via atm ada saldo yg hidden rp 10ribu... nah yg 10ribu lagi sy jg bingung itu kenapa

      Delete
  54. ka andre, kan sekarang bii udah jd maybank dan belum lama ini maybank udah launching. seandainya mau buka rekening tabunganku ada perubahan ga utk fitur2 yg udh ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dua bulan lalu saya juga dapat surat pemberitahuan penggantian nama maybank...

      seperti nya nggak ada, masih seperti yg dulu

      Delete
  55. assalamualikum
    mau nanya min..bri tabunganku dpt kartu atm gak sama tabungan yg recomend apa ya min?

    ReplyDelete
  56. Halo mas Andrea, tulisannya sangat membantu sekali buat referensi yg lagi mau nyari tabungan.
    Saya sekrang bingung mau bikin tabunganKu BCA atau Xpresi BCA dengan admin 5000.pengennya saya free admin tpi bisa buat belanja,hehe..
    Kira2 tabunganKu BCA bisa dibuat belanja nggak ya di mercanht2 BCA?? ada yg punya pengalaman disini yg punya TabunganKu BCA bisa buat belanja>> Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau di pake belanja2 pake xpresi aja... apalagi kalo buat belanja online...cuma goceng sebulan... gak nyampe harga sebungkus sigaret

      tabunganku bca bisa makan hati kalo di pake buat trx...

      Delete
  57. update, bank sinarharapan bali ganti nama menjadi bank mantap (mandiri taspen pos), bank kalbar ada tu tabungan ku klo atm ntar saya tanyakan ke cs

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.. iya gan ente teliti banget...saya malah gak sampe gak perhatiin

      Delete
  58. Tulunk donk artikeli ini dibenahin karena jadi pebanding para netizen buat milih tabungan yg pas di hati, sama dgn Tabel : Daftar saldo minimal tabungan supaya bunga bisa menutup biaya bulanan, klo bisa di update terus dan di tambah daftar tabungan, biar jadi amal jariah, dan supaya netizen bisa milih tabungan yg pas di hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh2 bro sampe bawa amal jariah segala...bikin bingung aja kepala hehe....

      Delete
  59. Hallo bang andrea mau nanya nih ,saya kan mau nabung trus biar bulanan nya free enakan makek bca tabunganku apa bni syahriah ? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. keduanya free admin... masalahnya bca dikenal agak susah nerima nasabah... jadi sebaiknya ambil bni syariah..

      Delete
  60. Mau tanya,, Ada biaya bulanan gak buat fitur sms, mobile dan internet banking tabunganku bni syariah? Trims

    ReplyDelete
  61. kemarin buka tabunganku sinarmas dapat kartu atm yg reguler bukan yg gambar batik

    ReplyDelete
  62. BNI syariah bisa dibuaj jual beli online gak? dan juga apa bisa di sambungkan dengan akun paypal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua rekening bank bisa buat jual beli online... masalahnya mau ngeluarin biaya transfer atau nggak... itu aja.

      untuk wd paypal bisa

      Delete
  63. Dear admin,
    saya mau konsultasi,
    saya belum pernah membuat tabungan debet sebelumnya..
    sekarang sedang memilih produk yang bagus untuk kebutuhan :
    - deposito berjangka di bank
    saya sedang mencari jenis tabungan apa yang potongan bulanannya kecil/tidak ada potongan, dan bunga deposito berjangkanya tinggi?

    Thanks sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang bunga bank "dipaksa" turun sama pemerintah... gak tahu deh bank mana yg paling tinggi

      Delete
  64. Per 28 Maret 2016, saya pergi ke BCA kcp gresik utk bikin tabunganku.Sengaja saya dateng sebelum banknya buka karena biasanya BCA mempunyai julukan Bank Capek Antri,haha
    Mungkin ini bisa jadi tips yang akan mmebuka tabungan di BCA adalah segeralah menuju meja CSO yang sudah duduk manis di mejanya karena pada saat itu security sedang sibuk untuk memastikan kesiapan dari staf bank , sehingga kita tidak akan ditanya ini itu yang ribet dan kita mendapat prioritas pertama tanpa harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu.
    Kebetulan saya dilayani dengan mbak yang ramah sambil menjelaskan produk tabunganku BCA, yang bikin lancar jaya adalah ketika mbak CSO melihat alamat saya, kebetulan si mbak CSO masih bisa dikata tetangga jauh karena si mbak juga tinggal di dekat rumah saya,hahaha
    Untuk persyaratan cukup mudah, hanya KTP saja dan bukti identitas lain jika diperlukan semisal SIM. Namun limit transaksi tabunganku BCA per bulan sebanyak 4 kali, selebihnya dikenakan biaya rp 2500. Jadi tabungan ini sekedarnya cocok untuk simpenan yang tidak diambil2 dalam skala sering.Tidak sampai 20 menit, proses pembuatan tabunganku BCA selesai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cieee tetanggaan... gampang di lacak kalo kenapa2 haha..

      Delete
  65. Mau tanya masbro.. klo buka tabunganku di bank jateng apa bisa buat terima transfer dan melakukan transfer.?
    Sbnrnya udh punya mandiri tabunganku..tapi ya itu sekali transaksi 24 jam hanya bisa ambil 1juta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa terima transfer dari bank mana saja.. termasuk dari luar negeri..

      transfer bisa juga ke semua bank lokal indonesia

      Delete
  66. Mau tanya mas, tabunganku di bank apa saja yang bisa teansfer ke bank lain dengan nominal terserah? Soalnya, tabunganku bca ngga bisa buat transfer ke bank lain. Mohon pencerahan mas

    ReplyDelete
  67. Terima kasih yah blog ini sdh menjadi referensi saya membuka tabungan yg mmg diperuntukkan hanya utk menabung... Dgn berbagai alasan yg hampir sama dgn netizen lain saya memilih TabunganKu bank BCA krna pertama saya punya BCA Tahapan (Biar gampang transfernya-bebas biasa), dan alasan sama seperti yg lain....

    ReplyDelete
  68. Buka tabunganku UOB saja , fasilitas lengkap sama seperti reguler biaya cuma 2500 yg membedakan adalah ATM/debit UOB tabunganku tdk bsa untuk tarik tunai di singapura , malaysia dan thailand , dan hampir bank ini se Asia ada. Dan yg lebih menarik adalah free tarik tunai di semua atm unlimited asalkan saldo sebelum penarikan 1 juta , juga ada fasilitas personal internet banking free transfer online sampai bulan desember.

    ReplyDelete
  69. Mau tanya.. saya kan pake cimb tabunganku, dan ga ada buku tabungan nya. Jadi kata nya tug pake e-statement. Tapi tiap bulan tabungan saya kena potong 15rb. Apa emang seperti itu??? Tolong yg tau biss jelasin

    ReplyDelete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum