July 27, 2015

Nyoba BII Net Mobile Banking Android

Advertisement

Ceritanya saya punya android baru  bray (pamer deh  gue  wkwkwk..….), saya install  dong satu persatu aplikasi yang biasa saya pake di Hape lama. Nah ketika masuk pada giliran install  aplikasi perbankan, di google playstore ada APK BII Net Mobile banking.

Sempat ada tanda tanya dalam hari: aplikasi apalagi ini?. Pertanyaan kayak gitu muncul  karena saya tahu BII Maybank sudah punya aplikasi mobile banking android.  APK sederhana tanpa perlu  koneksi data.

Saya sendiri sudah agak  lama tidak menggunakan mbanking BII karena akses-nya  di blokir gara-gara salah password  #oops…..  ya beginilah kalo sok rajin ngubah PIN, jadinya lupa sendiri nomor cantik mana yang di pake.

 Malas tahu  ngurusin  buka blokir kayak gitu.  Apalagi BII seolah menelantarkan aplikasi itu. Lama tidak ada pembaruan. Kayak hidup segan mati tak mau.

Akibat dari mbanking yang di blokir, jika saya menggunakan ebanking BII untuk  urusan transfer atau lainnya, mau tidak  mau harus pake desktop untuk login ke internet banking.  Dengan Hape, nggak banget deh, internet banking BII tidak di design responsive untuk mobile device. Tidak nyaman. Apalagi sejak  tampilan baru. Interface-nya tidak menarik. Saya lebih suka tampilan internet banking BII yang lama.

Design internet banking yang tidak responsive  pada perangkat mobile serta  APK android “tidak diurus” membuat penilaian saya pada BII Maybank  sedikit menurun. Padahal sebelumnya  saya menganggap bank ini termasuk  jajaran terdepan dalam hal pengembangan perbankan elektronik,  lebih maju dengan bank besar diatas-nya sekalipun (pendapat saya loh).

Boleh dong kesan kesan mulai berkurang. Sebagai bank yang sering menggembar-gemborkan dirinya sebagai  "The most connected transaction Bank" tapi kalo  indikasi diatas terlihat apa kata dunia.

Nah, setelah adanya  BII Net Mobile mulai deh persepsi-nya  berubah lagi. Paling tidak setelah mencoba transaksi jadi lebih positif lagi.

e-Banking  besutan BII Maybank  ini beda dari yang lain. Sebagai pengguna,  akses masuk yang  di gunakan adalah User ID internet banking, tapi yang kita gunakan justru aplikasi mobile. Bukan browser.

Apapun pendekatan yang mereka lalukan diluar kebiasaan pakem mbanking di indonesia, ya inilah namanya perkembangan . Sebagai user saya tertarik untuk mencoba fasilitas ini.

***

Trial BII Net Mobile Banking


Halaman muka BII Net Mobile. Tampilannya keren.

bii net mobile banking

Login BII Net Mobil  dan welcome fruits  pilihan yang tetap ada….
 

BII Net Mobile Banking

Menu utama BII Net Mobile dan Rincian rekening

BII Net Mobile Banking


Saya coba  transfer antar bank sebagai transaksi paling penting m-Banking.
BII Net Mobile Banking: transfer antar bank


Pada langkah kedua transfer antar bank, system akan meminta TAC (OTP yang dikirim via sms ke nomor HP). Tidak ada masalah….. Lancar jaya….. Transaksi sukses uang diterima saat itu juga. Tidak perlu menunggu berapa jam apalagi berapa hari.

BII Net Mobile Banking : transfer ke bank lain


**

Catatan:
Buat saya pribadi, dengan adanya BII Net Mobile Banking nampaknya saya akan lebih sering menggunakan fasilitas ini dibanding internet banking desktop.  Sementara mbanking yang di blokir akan saya biarkan saja dulu tanpa perlu buru-buru  request buka blokir. Paling tidak yah nanti saja kalau sekalian ke kantor cabang dan lihat situasi customer service lagi bengong  alias tidak sedang melayani nasabah.   Bagaimanapun mBanking (yang hidup segan mati tak mau itu) masih diperlukan untuk antisipasi jika suatu saat sedang tidak punya koneksi data.

Untuk teman-teman yang ingin mencoba  BII Net Mobile Banking silahkan meluncur  ke playstore.  Aplikasi ini bisa digunakan oleh semua nasabah BII maybank, termasuk pemegang akun tabungan tanpa biaya bulanan “TabunganKu”.  Yang belum punya user ID bisa registrasi internet banking di  ATM BII Maybank.

Untuk teman-teman yang baru ingin membuka rekening di BII bisa langsung saja install aplikasi ini. Dari situ bisa melihat keberadaan kantor cabang (termasuk lokasi ATM) yang sekiranya  dekat dengan rumah.



Posted by:

15 komentar:

  1. kalau mau daftar net banking perlu ke kantor cabang atau hanya lewat atm

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lewat atm saja, hanya saja cuma bisa untuk transaksi non finansial (untuk cek saldo), kalo mau transaksi finansial mesti aktivasi di kantor cabang.

      oiya kalo bii net mobile daftar di atm nya yang internet banking, bukan mbanking.

      Delete
  2. mas Is me mas Anita ...
    Want to say something Mas ..
    pertama Gw mau bilang Thanks bangetz buat Blogs ini ..
    ngebantu Bangets .. !!
    thankiyu Mas Andre ...
    kedua .. i am mau tanya ..ada gk Bank yang ada pelayanan Western Union .. n gk Ribet nanya ini n itu klo aku dapet Uang dari Tom Cruise gitu ... ( Danamond Teller Kepo ) .... ini pengalaman gk enak kalo nanya pelan2 sih gk Apa2 ... tapi sejagat orang denger ...
    terus kalo ada kan lumayan nabung nya gak jauh2 ..
    bank Climb Ada gk Ya ... Western Union nya ..

    itu aja Mas ... besok nanya nya nambah lagi boleh yaaa... !!!!!

    stay blessed to Andre ..

    salam Hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. cimb niaga western union nya via internet banking...kalo di cabang adanya di cimb mikro laju... di bii /maybank jg ada wu

      Delete
  3. mas Andreee .. trimakasih banyak yaaa .. !!!!!

    Stay Blessed to you And Family 🍄🍀🍄

    ReplyDelete
    Replies
    1. mks sudah bergabung di diskusi ya tan..

      Delete
  4. Gan kalau mau daftar yang transaksi finacial ke cabang nanti ngomong nya bagaimana? Dan apakah nanti daftar ke cabang dikasih lansung id login mobile banking? Atau bagaimana gan? Plss dijawab gan soal nya ane baru tau aama atm maklum usia baru 17

    ReplyDelete
    Replies
    1. bilang aja mau pakai internet banking untuk finansial..

      lebih baik daftar dulu internet banking di atm,, terus aktivasi sendiri..gampang kok... diweb ada petunjuknya...sampai disitu internet banking agan sudah bisa untuk cek saldo..

      nah spy bisa untuk transfer atau bayar2 minta mengaktifkan transaksi finansialnya dengan simcard yg ada pulsanya..

      Delete
    2. bawa simcard yg ada pulsanya ya gan

      Delete
    3. Oh makasi ya gan bener membantu sekali ini blog.. dan makasih juga udah bales komentar nya, simcard nya pake xl atau apa gan?

      Delete
  5. Gan, ada pengaturannya ngk , agar tidak dapat sms pemberitahuan ketika selesai transaksi di mbanking bii ..
    Soalnya lumayan besar tu biaya sms dari bii

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada gan...pake aplikasi ini bukan nya gratis otp nya gan

      Delete
  6. Mas andrea, kalo aktivasi sms banking melalui kantor cabang atau atm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di atm bisa untuk trx non finansial aja

      Delete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum