August 27, 2015

Masalah Pembobolan ATM

Advertisement

Selama punya rekening di bank baru kali saya merasa sedikit  khawatir. Kekhawatiran itu muncul setelah saya  membaca  berita mengenai pembobolan ATM beberapa hari lalu.

Meski saya bukan pemilik rekening gendut, tapi modus kali ini cukup membuat saya menarik nafas.

Polda Metro  Jaya berhasil menangkap  komplotan pelaku pembobolan ATM nasabah yang di perjualbelikan secara online. Kabarnya, ada tiga website yang menjual data nasabah,  lengkap dengan kartu ATM beserta PIN dari berbagai bank.

Saya benar-benar tak habis pikir:  Membeli kartu ATM  beserta PIN.

Itu artinya: Makin banyak orang punya kesempatan untuk melakukan pembobolan rekening bank. 

Itu artinya: Membobol  ATM tidak perlu mengerti seluk beluk teknologi  lebih jauh.

Itu artinya: Dalam satu tindak pembobolan ATM di lakukan oleh minimal dua komplotan berbeda.  Ini akan makin sulit diberantas oleh kepolisian. Bayangkan, si eksekutor tertangkap, tapi belum tentu si penjual ATM.

Ada 7  ATM nasabah BCA yang di kuras dengan total kerugian mencapai ratusan juta rupiah (sumber: gatra.com…… Kalo Detikcom dan Kompas.com   gak  sebut tuh nama bank nya….  mungkin karena sering pasang advertorial disitu kali ya hahay……). Kabar bagusnya, BCA  telah mengganti kerugian para nasabah tersebut.... #Syukurlah kalau begitu.


pelaku pembobolan atm.  image credit: detikcom

Saya termasuk  jarang mengganti PIN kartu ATM. Belum tentu dalam 10bulan  PIN ATM saya ganti (tolong jangan ditiru). Alasanya sih klasik banget….. saya cuma punya dua deretan nomor  yang bisa selalu  diingat…. satu nomor yang berkaitan dengan si cantik yang  jutek . Dan satu  lagi nomor yang berkaitan dengan simanis yang baik hati…..), jadi kalau saya salah input PIN pakai nomor si cantik, otomatis jari saya bergerak  ke nomor simanis…. pasti benar …. Dari situ saya bahkan tidak begitu ngeh kalau  kartu atm bank A  nomor PIN nya yang ini, bank  B Pin nya yang itu  hehe……

Kemarin malam saya pulang jalan sempat mampir sana sini ke ATM…  ganti PIN doang… padahal sebelumnya saya tidak pernah ke ATM cuma sekedar ganti PIN….…  yah meskipun ganti PIN nya cuma tukar nomor ….. wkwkwkwk…….

#kabuurrrrrrr……………………..

Posted by:

11 komentar:

  1. aku pernah 1x mengalami kebobolan dana, waktu itu aku pernah jd nasabah salah 1 bank, ada disalah 1 artikel blog ini yg pernah ku koment juga dan membuat aku kecewa berat pd bank itu.

    beberapa taun silam dibawah tahun 2009an seingatku. saldoku lenyap 50an sekian ( jangan mikir recehan 50rb )

    aku sadarnya skitar akhir bulan saat print butab ternyata pada tanggal awal2 bulan ada penarikan atm setiap hari sampai saldo habis..

    hbs liat print an butab aku langsung lemes, pusing, mau pingsan tapi gak bisa.

    kalo tak critakan bs panjang lebar ga cukup di kolom komentar wkwkwk.

    intinya aku komplen ke bank bolak balik, via telp, dll sampai ngabisin duit dan pikiran selang 1 bulanan aku dapat konfirmasi bahwa transaksi saya dianggap sah karena dilakukan dg kartu atm terdaftar disistem dan sesuai pin yang benar..

    rasanya kcewa krn posisi nasabah sgt lemah dan aku bingung harus melakukan pembuktian apalagi, krn atm ku juga gak pernah hilang pd waktu itu,

    ah sudahlah, terlalu pahit mengenang, nulis gni aja rasanya dah pengen nangis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak seru gak tunjuk bank nya kkkkk......

      #bank mandiri kaleee.....

      Delete
  2. Mas Andrea, tolong ulas soal isu yang beredar saat ini, yaitu menteri BUMN menjadikan Bank BRI, BNI, Mandiri sebagai jaminan utang ke Cina. Ulas juga tentang BNI SIMPONI mas kayaknya menarik. Saya tunggu artikelnya mas, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh gak sanggup bro kalo isu gituan mah, paling bisa nyindir2 dikit aja haaa....

      Delete
  3. Replies
    1. mudah2an tp gak janji, ini hampir sebulan belum posting lagi .. hehe..

      Delete
  4. Mana ni ulasan yg lain udah mau masuk bulan oktober
    Simple ib, dan yang lain lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak..... agan sarmidi masuk lagi....halo bos... sori neh lg sok sibuk gitu...kalo lg mood nulis utamain blog laen dulu... banyak blog soalnya... hehe...

      Delete
  5. Belom lama kebobol ATM BCA saya
    amblas cuma 1 jutaan sih

    Kejadiannya Tanggal 30 Des 2015
    Baru Ketauan Tanggal 4 Jan 2016
    Gara2 Libur panjang wkwk

    *Modusnya kayanya dipasang alat apalah gitu di Mesin ATM, Soalnya pas mau masukin kartu ATM susah banget kaya ada yg ganjel.
    *Transaksi gagal ga bisa ambil uang
    *Ga lama setelah kita ninggalin Mesin ATM uang saya dikuras.
    *Abis dikuras, pelaku telepon ke Halo BCA laporan kalo nemu ATM saya. (Padahal jelas-jelas Atm ada di dompet saya)
    *Rekening saya di blokir sama BCA dengan alasan keamanan (padahal uang udah dikuras)

    FYI:
    *Atm yang saya gunakan sblm dikuras saldonya adalah ATM Bca yang ada di dalam Alfamart. (ATM ini terindikasi sudah diakali sama pelaku)
    *Atm yang digunakan pelaku untuk menguras uang di rekekning saya adalah ATM mandiri, yg setelah saya lihat di history transaksi kemungkinan besar adalah atm yang ada di sebelah atm BCA yang di alfamart itu.

    Buat yang lain harap hati2 kalo narik uang di ATM, usahakan narik di ATM yang di Kantor bank yang 24 jam dijagain satpam dan CCTV.

    Setelah kejadian ini saya udah kapok narik uang di ATM Alfa/indomaret/Pinggir jalan.










    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kacau juga.. terus kelanjutannya gimana bro.... sebut aja bro lokasinya gapapa..

      oiya ..thank banget sudah berbagai pengalaman.

      Delete
    2. Iya, ATM yang ada di alfamart atau indomaret itu dikelola oleh pihak ketiga. Yang dikelola oleh bank adalah yang berada di kantor cabang.

      Delete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum