October 2, 2015

Nyoba Sakuku, eMoney BCA

Advertisement

Yang di tunggu akhirnya datang juga;  eMoney berbasis nomor ponsel  dari Bank Central Asia.

Bukan menunggu karena ingin menggunakan secara rutin. Tapi, sekedar ingin tahu pendekatan seperti apa yang mereka tawarkan.

Sempat menduga saya akan langsung antipati. Ternyata  dugaan saya salah. Paling tidak, saya menemukan  hal berbeda dengan  dua emoney yang pernah saya coba sebelumnya:  rekening ponsel cimb niaga dan e-cash dari bank mandiri.

Yang saya bicarakan disini Sakuku, uang elektronik keluaran BCA. Bagaimana kesan saya, berikut  catatan singkat  setelah menggunakan kemarin.

**
Register Sakuku BCA

HP yang saya gunakan dual simcard.... Simcard pertama (paling sering di gunakan untuk online) adalah Tri. Sementara di  simcard kedua terpasang XL... Kartu XL hanya sesekali  saya gunakan untuk koneksi data.


Waktu mendownload dan register Sakuku  saya menggunakan koneksi  XL.  Dengan maksud, nomor XL itulah yang akan saya gunakan sebagai nomor rekening Sakuku.

Ternyata yang terdaftar malah nomor Tri….. bukan nomor XL seperti yang saya rencanakan.

Gak masalah sih, berarti saya memang cocok dengan Tri. Yah meskipun baru menggunakan Tri beberapa bulan belakangan.... Mantab paket nya murah bray…. Jaringan dapat HSPA di kampung saya….. padahal di pusat kota  sendiri koneksi masih edan eling…… Cuma Tri yang bisa begini wwkwkwkkkk……..

Tidak aneh memang permasalahan ngaco  seperti itu di HP dual simcard. Hanya saja, ini sebagai gambaran buat teman-teman lain jika  menggunakan HP dual simcard dan ingin menggunakan nomor ponsel tertentu sebagai nomor rekening sakuku. Sebaiknya bersihkan cokies dan  cache aplikasi playstore, atau kalau perlu install ulang OS android ke bawaan pabrik. ...Lebih baik lagi gunakan satu simcard terlebih dahulu ketika ingin mendaftar Sakuku BCA.

Menu Sakuku BCA
Ada lima menu transaksi Sakuku BCA. Ketika tulisan ini dibuat menu yang  bisa digunakan baru dua: Bayar belanja dan isi pulsa.


Bayar belanja?

Aha….  mau belanja kemana... Apa saja Merchant  sakuku saya tidak tahu... Lagian baru berumur hitungan hari… Nyari di web official  belum ada …. Hmmmm…. Jadi saya belum nyoba melakukan pembayaran dengan teknologi QR Code yang di kembangkan  BCA untuk Sakuku

Ya sudah, sebagai trial saya coba menu isi pulsa. Tapi sebelumnya saya top up dulu dari internet banking BCA (klik BCA) versi mobile.

Untup top up Sakuku BCA caranya adalah dengan mendaftarkan nomor rekening Sakuku terlebih dahulu. Cara ini sama dengan cara mendaftar nomor rekening tujuan transfer di klik BCA.

Saya top up 20 juta rupiah dikurangi nolnya 3 digit….  Sukses….




Sakuku BCA
Sakuku BCA

Tapi sayang, ketika saya mau coba isi pulsa malam itu juga selalu gagal hingga belasan kali… dengan tampilan dilayar “koneksi internet terputus. Ulangi beberapa saat lagi”

Agak heran… padahal koneksi  tidak  masalah….. Lancar  aja malam itu,  bahkan saya sempat  Aw Aw sama siti badriah di  youtube

Baru dicoba lagi besoknya… siang hari… setelah sebelumnya mengganti gambar profile dengan gadis kerudung pacarnya siapa gak tau….

Yang menarik setelah sukses isi saldo Sakuku dan isi pulsa telkomsel  adalah tidak adanya notifikasi transaksi via SMS. Ini sangat bagus karena saya tidak perlu membayar biaya SMS notifikasi itu. Meski biaya sms cuma Rp 550  kalo sering-sering pakai bisa banyak.....  Nggak banget itu..... apalagi kalo lagi sebel sama operator mata duitan #lempar kartu


sakuku bca

Catatan Tambahan

- Kesan pertama nyoba Sakuku adalah user interface; Mudah di gunakan dan cukup menarik. Kesan ini  bertolak belakang dengan kesan saya terhadap user interface klik BCA dan aplikasi mobile banking BCA android yang bagi saya tidak menarik.

- Saya berharap setiap transaksi di Sakuku tetap tidak ada notifikasi sms berbayar…. Itu adalah ekonomi biaya tinggi….. Bayangkan jika ada banyak  orang iseng mentransfer Rp 100  ke eMoney kita dengan biaya notifikasi sms yang harus kita tanggung adalah Rp 550….  apa tidak gondok jadinya? .... Bayangkan lagi kalau nomor  ponsel yang digunakan untuk eMoney adalah nomor pasca bayar…. Apa tidak bengkak tagihan? … untuk alasan itulah saya tidak mau menggunakan nomor ponsel pasca bayar untuk rekening eMoney….

Kalaupun diperlukan notifikasi transaksi sebaiknya di kirim ke email. Toh pengguna  smartphone adalah orang yang selalu terhubung. Jadi mereka  tidak keberatan berapapun banyaknya  notifikasi masuk ke email karena sudah memiliki kuota data.

- Terakhir, masih terlalu dini membuat kesimpulan awal mengenai Sakuku. Saya belum menemukan data mengenai banyak hal….  Misalnya berapa biaya tarik tunai… dengan cara apa saja bisa di isi saldo…. Dll

Okelah ya..untuk sementara cukup sekian……….

Posted by:

27 komentar:

  1. udah lama baru update posting lagy dimari om..
    sibuk nyari sebongkah berlian kah, heheh

    ane mau instal tapi sayang belum bisa di hp jadul andoid 2.4 , keknya minimal os android 4.0 keats... deh.. hadeh

    tinggal nunggu kejutan berhadiah sakuku aja dah... haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyari berlian buat sehidup semati gan.... kkkkkkk.....

      Delete
    2. Lagi cari bonus reffrensi tuh kayak nya dia :D

      Delete
  2. Memang bikin males ekonomi biaya tinggi. Makanya tidak jadi pakai layanan sejenis keluaran Bank Mandiri. Kenapa juga harus pakai sms premium ya.

    Kalau produk sejenis Bank Mandiri, ada yang namanya biaya OTP (One Time Password) tiap bertransaksi. Kalau di Sakuku ada juga?

    O iya, harga pulsa 20rb berapa? Murah kalau harganya Rp20rb juga. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sakuku gak minta otp... cuma minta pin aja ...

      pulsa 20ribu tetap 20ribu.... jadi bener2 gak ada biaya lain, termasuk gak biaya sms premium seperti emoney dua bank lain...

      Delete
  3. sayang hp ane ngga support sakuku, bisa diinstall tapi ngga bisa run.
    akhir kata gagal mburu bonusan 50rb :(

    ReplyDelete
  4. bonus saldo sakuku rp 50ribu udah masuk tanggal 22 kemaren... mayan deh buat beli pulsa tri hehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bonusnya g lgsg masuk d hari sama ndaftar?

      Delete
  5. mantap kayaknya ya, tanpa sms notifikasi yg cukup menguras pulsa kyk di mandiri e-cash, dan fitur QRcode-nya lebih keren dibanding lewat OTP yg cenderung tradisional nan merepotkan... seandainya nanti buat bayar belanjaan di supermarket bakalan lebih keren drpd yg gesek2 & pencet2 mesin edc... impresi pasca baca2 keterangan di atas, user experience hampir mirip-mirip bbm money ya jadinya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren komen nya feb... lebih keren lagi karena sepakat sama sy soal menguras pulsa itu ..... ternyata sama2 perhitungan toh haaaaa....

      Delete
  6. Sama bro,yg kedaftar tri sim1, padahal maunya yg sim2..telat bacanya nih.. ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwwkkkk... sampe sakit perut bacanya...

      #sakit jiwa kayaknya saya nih senang banget ihat orang sedih...

      Delete
  7. keknya Sakuku untuk blanja merchan masih kalah jauh sama tetangga pita emas deh,

    jadi baru untuk kelas kota2 gede aja yg merchane udah tersedia paling.
    kalau didaerah paling mentok baru untuk isi pulsa ja, musti tambahin merchan yg wajib gabung aka si alpa sama indo setara mereka udah sebar dmane2, & merchane online tokped, buklap secara lagi digandungi nak muda.

    pus info keknya mulai 2016 admin bca ada kenaikan deh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma tunggu waktu aja sebentar kesalip semua... #sotoy

      Delete
  8. minim beli pulsanya berapa via sakuku? hehe

    tanpa ada biaya lain ya..
    ditunggu compare nya plus minus sama rekpon cimb dan ecash mandiri atau money lainnnya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. minimal 20ribu..ga ada biaya.. skr gak ada lagi bank yg nyediain top pulsa 10ribu... mungkin kasian ntar pedagang pulsa pada bangkrut

      ide bagus bro buat compare emoney.. tp sayang, sy ga bisa login lagi ke sakuku...kyknya hp dual simcard sekarang ditolak sama sakuku

      Delete
  9. untuk Registrasi Sakuku, Smartphone nya harus Non Root ya..??
    kalau tidak muncul "Maaf, ponsel tidak dapat melakukan registrasi Sakuku. Hubungi Halo BCA di 1500888"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro.. gara2 di root sy gak bisa login ke sakuku sekarang...

      Delete
  10. Kena biaya Admin Rp 1.500
    isi pulsa telkomsel lewat e-chanel BCA mulai 1 April

    Sakuku termasuk gak yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. prediksi saya belum akan berani... mau nyari pengguna dulu yg banyak...

      Delete
    2. APA!? NOOOO.. GOD.. PLEASE.. NOOOO..
      Saya selama ini isi pulsa lewat e-channel karena tidak ada biaya tambahan. Itu biaya Rp 1500 untuk Telkomsel saja atau untuk semua operator? Mungkin ini protes pedagang pulsa yang protes karena orang-orang lebih suka isi pulsa lewat E-channel.

      Delete
    3. Bukan hanya BCA saja tapi juga mandiri isi pulsa telkomsel ada biaya Rp 1.500, anehnya cuma telkomsel, operator lain tidak.

      Delete
    4. ow gitu.. thank you bray.. kalo gitu isi pulsa telkomsel sama tetangga sebelah aja rumah aja.. bagi2 rezeki

      Delete
  11. Kl untuk agan2 yg pngn reg sakuku.
    Terutama dual sim.
    Yg pngn no hp baik sim 1 atau sim 2.
    Terlebih dahulu aktifkan pengaturan pesannya menggunakan sim 1 atau sim 2
    ( jgn diatur sll tanya )
    Jd bs langsung auto sim yg dikehendaki.

    ReplyDelete
  12. Mau tanya dong kalo kamera belakang nya rusak bisa bayar belanja gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tahu.. belum ketemu merchant sakuku

      Delete

mohon maaf admin sudah jarang buka blog ini... pertanyaan dan komentar akan lama di publish dan di balas..

harap maklum